Keunggulan Sekolah

School Excellence

Pendataan Alumni

Forum Alumni

Materi Pelajaran

Ekstrakulikuler

Tokoh Inspirasi Bisnis : Larry Page Salah Satu Pendiri Google

Tokoh Inspirasi Bisnis : Larry Page Pendiri Google

Lawrence Edward ‘Larry’ Page adalah salah satu pendiri situs search engine yang paling terkenal di dunia, Google.com. Ia lahir di Michigan, Amerika dari pasangan Carl Vincent Page, seorang profesor bidang ilmu komputer dan Gloria Page, seorang guru pemograman komputer di Universitas Michigan. Larry muda mewarisi kecerdasan kedua orang tuanya. Sejak umur 6 tahun dirinya sudah mulai mengutak-atik komputer. Di tingkat Sekolah Dasar, ia menjadi murid pertama di sekolahnya yang mengumpulkan tugas dalam bentuk data words (program pengetikan Microsoft). Larry lulus dari East Lansing High School pada tahun 1991. Ia melanjutkan kuliah di University Of Michigan dan lulus dengan gelar Bachelor Of Science. Tak puas dengan itu, ia kembali melanjutkan kuliah di Stanford University, mengambil studi programar Master.

Di Stanford, ia berkenalan dengan seorang pria bernama Sergey Brin, yang kelak menjadi partner sejatinya dalam mengembangkan Google menjadi raksasa dunia maya. Pada awalnya, Larry dan Sergey tidaklah akrab. Hal ini disebabkan karena ketidakcocokan mereka dalam setiap topik yang mereka bicarakan. Larry tidak begitu menyukai Sergey saat itu, begitu pula sebaliknya.

Namun pada akhirnya, keduanya menemukan satu kesamaan subjek yang membuat mereka tertarik, yakni mengenai situs pencari informasi dari ‘kumpulan data besar’. Keduanya menulis satu makalah berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine“. Makalah tersebut membahas tentang perlunya situs yang mempermudah orang-orang yang membuka internet untuk menemukan topik atau informasi yang mereka cari. Makalah tersebut kini tercatat sebagai makalah yang paling banyak diakses di Stanford University.

Setelah itu keduany mulai mengembangkan suatu proyek yang akan menjadi cikal bakal Google. Kegagalan demi kegagalan untuk menjual gagasan tentang situs pencari informasi (search engine) tersebut tak menyurutkan semangat mereka. Keduanya akhirnya menginvestasikan dana sebesar 1 juta US $ untuk mendirikan perusahaan sendiri.

Google Inc dibuka pada tahun 1998 di daerah Menlo Park, California. Perusahaan tersebut mengalami peningkatan pesat dalam waktu singkat. Banyak pelamar berbondong-bondong meletakkan lamaran kerja mereka di hadapan Larry dan Brin. Jumlah karyawan yang terus bertambah menyebabkan perusahaan tersebut harus di relokasi beberapa kali. Namun pada akhirnya kantor Google Inc resmi menetap di daerah Mountain View, California hingga kini.

Tahun berganti, dan perkembangan Google tak bisa dihentikan hingga menjadi salah satu perusahaan raksasa terbesar di dunia. Berbagai inovasi dibuat oleh Larry dan brin, tidak hanya sebagai situs search engine, namun juga sebagai suatu brand, Google telah menarik minat para investor saham dan kerjasama dengan beberapa brand besar lain. Pada tahun 2006, tercatat ada 5000 karyawan di Google Inc pusat.

Pada tahun 2005, kekayaan Google disinyalir bernilai 12 Milyar US $ dan menempatkan Larry – Brin sebagai orang terkaya dunia urutan 27.

Larry Page juga dikenal sebagai seorang Filantropis (orang yang suka melakukan kegiatan amal). Pada tahun 2002 ia tercatat sebagai anggota Forum Ekonomi Dunia Global Leader for Tomorrow. Selain itu ia juga mencakup sebagai anggota National Advisory Committee (NAC) untuk University Of Michigan jurusan Engineering. Pada tahun yang sama pula, Larry bersama Brin mendapat penghargaan Marconi prize, sebuah penghargaan bagi mereka yang berjasa di bidang komunikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Team PPDB SMK Kusuma Bangsa Bogor siap membantu Anda, silahkan Hubungi kami segera :-)